SkyLexuzzz21


UGunadarma

Digital Clock

Unknown On Sabtu, 07 Maret 2015


Membuat Login dengan Jtabbed Pane pada Netbeans



Hi.,, Kawan.. This is SkyLexuzzz.. Disini Saya akan membuat aplikasi login dengan jtabbed pane pada netbeans. Sebelumnya, Saya ingin memberi tahu kepada kawan – kawan bahwa saya akan membuat aplikasi login yang bersifat statis.. Sebenarnya aplikasi login sendiri mempunyai 2 sifat yang pertama adalah yang sudah disebutkan tadi yaitu statis [Login Statis] dan yang kedua yaitu dinamis [Login Dinamis].. Nah.,, pasti kawan – kawan bertanya – tanya perbedaan antara login statis dan login dinamis.. Berikut penjelasannya..
Login Statis adalah sebuah aplikasi login yang username dan password-nya hanya satu [Tunggal]..
Login Dinamis adalah sebuah aplikasi login yang username dan password-nya beragam [Majemuk]..
Perbedaan yang paling menonjol menurut saya antara kedua aplikasi login itu adalah penggunaan database.. Kalau login statis tidak menggunakan database dan biasanya isi untuk username dan password-nya berada pada kodingan aplikasinya.. Dan pada login dinamis menggunakan database dan isi dari username & password-nya berasal dari database..
Nah., setelah kita mengetahui apa yang ingin kita buat.. Marilah sekarang kita mulai membuat aplikasinya..
Buka Netbeans.. Disini Saya menggunakan NetBeans IDE 8.0

Pilih File kemudian pilih New Project.. Maka akan muncul seperti berikut..

Pilih Categories Java dan Projects Java Application.. Lalu pilih Next.. Maka akan muncul seperti berikut..

Beri nama project kita.. Disini Saya beri nama tabbedpane.. Lalu pilih Finish sehingga seperti berikut..

Setelah itu., Klik kanan pada Java Package tabbedpane kemudian pilih New dan kemudian pilih Jframe Form.. Seperti berikut..

Berikutnya., beri nama Form [Class] tersebut.. Saya Beri nama frmutama.. Lalu pilih Finish.. Maka akan muncul seperti berikut..

Sebelunya., Saya ingin menjelaskan tentang tabbed pane pada netbeans.. Tabbed Pane pada NetBeans adalah sebuah Palette yang berisi panel – panel.. Jadi, cara untuk membuat tabbed pane bekerja adalah : Pertama., Pilih Tabbed Pane dan kemudian taruh dan atur ukuran di form.. Kedua., Pilih Panel lalu letakan pada daerah Tabbed Pane.. Sehingga Design form tersebut seperti berikut..

Untuk merubah nama tab.. Klik kanan pada tab yang ingin dirubah nama kemudian pilih Edit Text.. Dan Setelah itu, design form login.. Sehingga seperti gambar.. [3 Label., 1 Text Field., 1 Password Field., 2 Button]

Double Klik pada button Login.. Dan isi kan kode berikut..

Logika Program..
Saya disini memakai percabangan.. Jadi., bila ada yang salah bisa diberi tahu ke user.. Kemudian., pada isi dalam kurung if pertama., Saya menuliskan jTextField1.getText().equals(“admin”) yang artinya bahwa saya mengambil isi dari Text Field 1 yang user ketik dan isi dari Text Field tersebut harus sama berisi “admin”.. Pada jPasswordField pun sama logikanya.. Selanjutnya, ada jTabbedPane1.setEnableAt(0, false); yang artinya menunjukan bahwa pada tabbed pane index ke-0 akan tertutup [Tidak Aktif].. Kemudian., ada jTabbedPane1.setSelectIndex(1); yang artinya akan membuka tab dengan index 1.. oh iya., pada jTabbedPane index dimulai dari 0 [nol].. Setelah itu, ada JoptionPane.showMassegeDialog(rootpane, “Password Salah”); yang artinya akan menampilkan messege box yang berisikan dalam tanda kurung.. Kemudian., ada jPasswordField1.setText(“”); yang artinya akan mengkosongkan Field password.. Lalu., ada jPasswordField1.requestFocus(); yang artinya bahwa kursor akan menunjuk pada jPasswordField1..
Mari kita running.. tapi., sebelumnya pada Tabbedpane.java kita ketikkan seperti berikut..

Kemudian., kembali ke frmutama.java untuk membuat form jika dirunning ada ditengah mari kita ketikkan koding berikut.. Dan serta mengkoding untuk tab login saja yang hanya terbuka dan tab yang lain tertutup.. Dan inilah step terakhir untuk Membuat Login dengan Jtabbed Pane pada Netbeans..
Akhirnya kita telah sampai pada akhir postingan ini.. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan nantikan postingan saya berikutnya... Hehehehe....

Trims..

Output :


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments