SkyLexuzzz21


UGunadarma

Digital Clock

Unknown On Sabtu, 11 April 2015

Aplikasi Mencari Nilai Akar dengan Metode Biseksi



Hi.,, Kawan.. Ketemu Lagi.. Hehehe.. Langsung aja ya.. Disini saya akan menjelaskan atau tepatnya mengerjakan cara mencari nilai akar dengan metode biseksi.. tapi.,, disini Saya ngga menggunakan tulisan.. Akan tetapi.,, Akan menggunakan sebuah aplikasi.. Saya menggunakan program pascal.. TPW.. Nah.,, Mari kita Mulai.. Ketikan kode dibawah ini pada turbo pascal for windows..




Pertama – tama, pada screenshot diatas ada tulisan uses wincrt; yang artinya untuk memanggil library pascal. Selanjutnya, ada tulisan label ulang; yang artinya membuat label bernama ulang. Kemudian, ada tulisan var berarti dibawahnya berisi variabel – variabel dengan tipe data masing – masing. Pada program ini Saya menggunakan tipe data real, integer, dan char. Setelah itu, ada tulisan ulang: yang mengartikan bahwa jika goto label ulang akan ke posisi ini. Lanjut, ada tulisan clrscr; yang artinya akan membersihkan layar.
 
Kemudian, ada tulisan writeln(‘Tentukan nilai Akar dari persamaan f(x)=x^3+x^2-3x-3=0 dengan Metode Biseksi’); yang artinya akan mencetak yang ada dalam tanda kutip. Selanjutnya, ada tulisan readln(x1); yang artinya bahwa akan menyimpan inputan ke variabel x1. Setelah itu, ada tulisan y1 := (x1*x1*x1)+(x1*x1)-3*(x1)-3; yang artinya akan melakukan perhitungan dan kemudian akan menyimpan hasil perhitungan kedalam variabel y1. Selanjutnya, ada tulisan repeat yang mengartikan bahwa akan melakukan perulangan sampai ketemu statemen until dan kondisi pada statemen until terpenuhi. Lanjut, ada tulisan if yang mengartikan bahwa akan melakukan percabangan dengan kondisi setelah statemen if dan jika kondisi terpenuhi maka statemen setelah statemen then akan dijalankan dan jika tidak maka statemen setelah else yang dijalankan. Kemudian, ada tulisan i := 2; yang mengartikan bahwa variabel i diberi nilai awal yaitu 2. Selanjutnya, ada tulisan goto ulang; yang mengartikan akan menuju label ulang.

Output




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments