SkyLexuzzz21


UGunadarma

Digital Clock

Unknown On Senin, 15 Desember 2014

JOINT VENTURE




     Perusahaan patungan (joint Venture) adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Pihak-pihak itu setuju untuk berkelompok dengan menyumbang keadilan kepemilikan, dan kemudian saham dalam penerimaan, biaya, dan kontrol perusahaan. Perusahaan ini hanya dapat untuk proyek khusus saja, atau hubungan bisnis yang berkelanjutan seperti perusahaan patungan Sony Ericsson. Ini terbalik dengan persekutuan strategi, yang tak melibatkan taruhan keadilan oleh pesertanya, dan susunannya kurang begitu sulit.

     Frase ini umumnya merujuk pada tujuan kelompok dan bukan jenis kelompok. Kemudian, perusahaan patungan bisa berupa badan hukum, kemitraan, LLC, atau struktur resmi lainnya, bergantung pada jumlah pertimbangan seperti pertanggungjawaban pajak dan kerugian.

Alasan Pembentukan

Alasan internal
  1. Membangun kekuatan perusahaan
  2. Menyebarkan biaya dan risiko
  3. Menambah akses ke sumber daya keuangan
  4. Ekonomi skala dan keuntungan kekuatan
  5. Akses ke teknologi dan pelanggan baru
  6. Akses ke praktek manajer inovatif
Tujuan persaingan
  1. Mempengaruhi evolusi struktural industri
  2. Kompetisi sebelum selesai
  3. Tanggapan defensif untuk menghapuskan batas-batas industri
  4. Penciptaan unit kompetisi yang kuat
  5. Kecepatan pasar
  6. Menambah ketangkasan
Tujuan strategi
  1. Sinergi
  2. Transfer teknologi/kecakapan
  3. Diversifikasi

CIRI – CIRI JOINT VENTURE
  • perusahaan baru yang didirikan oleh beberapa perusahaan lain secara bersama-sama,
  • modalnya berupa saham yang disediakan oleh perusahaan pendiri dengan perbandingan tertentu,
  • kekuasaan dan hak suara didasarkan pada banyak saham masing-masing perusahaan pendiri,
  • memiliki eksistensi dan kebebasan masing-masing,
  • kerjasama antara perusahaan domestik dan asing, dan
  • resiko ditanggung secara bersama-sama.
     Joint venture harus memiliki bentuk hukum PT (Perseroan Terbatas). Joint venture dipimpin oleh Dewan Direktur yang dipilih oleh para pemegang saham.

STRUKTUR ORGANISASI JOINT VENTURE

     Struktur organisasi perusahaan patungan menunjukkan hubungan antara orang-orang dalam usaha itu. Ini menggambarkan hirarki bahwa pihak telah disepakati. Ini adalah diagram yang meliputi seluruh karyawan dan manajemen dalam bottom-up serta struktur side-by-side, yang detail rantai pelaporan antara para pihak.

     Joint Ventures International dikembangkan ketika dua perusahaan bekerja sama untuk memenuhi tujuan tertentu. Sebagai contoh, Perusahaan A dan Perusahaan B pertama kali mulai dengan mengidentifikasi dan memilih mitra IJV. Proses ini melibatkan beberapa langkah seperti riset pasar, cari mitra, pilihan mengevaluasi, negosiasi, penilaian bisnis, perencanaan bisnis, dan due diligence.Langkah-langkah yang diambil oleh masing-masing perusahaan.

     Penataan ini IJV dapat menimbulkan tantangan ketika pihak dari dua latar belakang budaya yang berbeda atau yurisdiksi Setelah kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan tentang isu-isu fundamental seperti bersifat komersial, ruang lingkup dan tujuan saling joint venture, para pihak harus memutuskan mana , geografis, usaha itu akan berlangsung dan apa struktur hukum bagi usaha akan terlihat seperti.Sebagian besar waktu, struktur disepakati akan antara berbagai jenis perusahaan, kemitraan, atau beberapa bentuk perseroan terbatas.


MANAJEMEN JOINT VENTURE

     Ada dua jenis Joint Ventures International: orang tua yang dominan dan manajemen bersama. Dalam orangtua dominan IJV, semua proyek yang dikelola oleh salah satu orang tua yang memutuskan pada semua manajer fungsional untuk usaha. Dewan direksi, yang terdiri dari eksekutif dari setiap orangtua, juga memainkan peran penting dalam mengelola usaha dengan membuat semua keputusan operasional dan strategis. Sebuah perusahaan induk dominan adalah menguntungkan di mana orang tua Venture International Joint dipilih karena alasan di luar input manajerial.

     Di sisi lain, usaha manajemen bersama terdiri dari kedua orang tua mengelola perusahaan.Setiap orangtua mengatur manajer fungsional dan eksekutif yang akan berada dalam dewan direksi.Dalam bentuk manajemen, ada juga dua jenis bersama manajemen usaha.

Contoh Perusahaan Joint Venture

PT Kalbe Milko Indonesia


Sekilas KALBE

      Sejarah Kalbe Farma diawali dari garasi pendiri Perseroan tahun 1966 sebagai perusahaan produk farmasi dengan prinsip-prinsip dasar: inovasi, merek yang kuat dan manajemen prima.

      Dengan pedoman “Kalbe Panca Sradha” sebagai nilai dasar Perseroan, Kalbe berhasil meraih pertumbuhan yang solid dan mencatatkan sebagai perusahaan publik tahun 1991 di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia).

     Melalui proses pertumbuhan organik dan merjer & akuisisi, kegiatan usaha Kalbe berkembang menjadi 24 entitas usaha, dalam empat kelompok divisi usaha: Divisi Obat Resep dengan kontribusi pendapatan sebesar 24%, Divisi Produk Kesehatan (kontribusi 16%), Divisi Nutrisi (kontribusi 24%), serta Divisi Distribusi & Logistik (kontribusi 36%).

     Dengan dukungan lebih dari 17.000 karyawan, termasuk 6.000 tenaga penjualan dan pemasaran, kegiatan usaha Perseroan mencakup seluruh wilayah kepulauan Indonesia dan keberadaan di pasar internasional yang terus berkembang.

     Di Indonesia, Kalbe mampu menjangkau 70% dokter umum, 90% dokter spesialis, 100% rumah sakit, 100% apotek untuk pasar obat-obat resep serta 80% untuk pasar produk kesehatan dan nutrisi. Di pasar internasional, Perseroan telah hadir di pasar Asia Tenggara dan Afrika, serta menjadi perusahaan produk kesehatan nasional yang dapat bersaing di pasar ekspor.

Visi:

Menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik dengan skala internasional yang didukung oleh inovasi, merek yang kuat, dan manajemen yang prima.

Misi:

Meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.

Motto:

The Scientific Pursuit of Health for a Better Life


Visi dan Misi Perseroan telah disetujui oleh Dewan Komisaris dan Direksi.



Sumber :


https://www.google.com/
http://kobongobong.wordpress.com/2012/10/05/joint-venture/

http://id.kalbe.co.id/TentangKami/NilainilaiPerusahaan/VisidanMisi.aspx




{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Here is Mr Benjamin contact Email details, 247officedept@gmail.com. /  Or Whatsapp +1 989-394-3740 that helped me with loan of 90,000.00 Euros to startup my business and I'm very grateful,It was really hard on me here trying to make a way as a single mother things hasn't be easy with me but with the help of Mr Benjamin put smile on my face as i watch my business growing stronger and expanding as well.I know you may be surprised why I put things like this here but I really have to express my gratitude so anyone seeking financial help or going through hardship with their business or want to start a business project can see this and have hope of getting out of the hardship..Thank You.

    BalasHapus